DALAM RANGKA menyambut  Sebelas Maret Cup X, yakni kejuaraan karate antar mahasiswa se-Asia Tenggara. Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan latihan bersama pada Minggu pagi (26/2) di area Car Free Day (CFD), Jalan Slamet Riyadi, Surakarta.

 

Selain latihan bersama, para peserta INKAI melakukan unjuk kebolehan dalam memeragakan gerakan karate kepada pengunjung CFD pagi itu. Terdapat juga hiburan menarik seperti permainan dan pembagian hadiah yang rupanya turut memeriahkan acara ini.

 

Roy Wardana, mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS, sekaligus merupakan Ketua Panitia Sebelas Maret Cup X menggungkapkan, bahwa tujuan latihan bersama yang mereka lakukan saat itu juga sebagai ajang promosi Sebelas Maret Cup X. “Selain latihan bersama, kami juga ingin menarik masyarakat untuk ikut bergabung dengan perguruan kami, INKAI”.

 

Sebelas Maret Cup sendiri biasanya diadakan tiap dua tahun sekali. Di tahun ini, Sebelas Maret Cup  telah memasuki tahun ke-10. Dalam menyelenggarakannya, panitia mengaku jika persiapan sudah mncapai 80%, dan hanya perlu memantau peserta yang akan turut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut. Namun para panitia rupanya merasa agak kesulitan dalam mencari peserta karena kurang luasnya jaringan untuk area se-Asia Tenggara. Untuk itu INKAI juga bekerjasama dengan perguruan karate Indonesia guna memberikan dorongan karateka se-Indonesia agar turut serta.

 

Kurang lebih terdapat 20 atlet dari INKAI UNS yang sedang mengikuti pelatihan. Untuk kemudian akan dipilih atlet terbaik untuk bisa bergabung mewakili UNS dalam kejuaraan tersebut. Indonesia sendiri sudah masuk empat besar karate di dunia, dan hal itu diklaim dapat meningkatkan antusiasme masyarakat untuk bergabung dengan perguruan INKAI.[]

 

 


Penulis: Nur Madinatul dan Anna Ulfa