Surakarta – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan (HMJEP) mengadakan seminar nasional 8th ALCOFE, Sabtu (8/11). Seminar yang dilangsungkan di Gedung F akultas Feguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS ini mengusung tema “Penguatan Kedaulatan Ekonomi Politik Indonesia Menuju Kemandirian Generasi Masa Depan”.

Acarayang didukung oleh Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) dan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia ini mengundang lima narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu penasehat KPK RI Drs.Suwarsono,M.A, Kementerian Pertahanan RI Bidang Ekonomi, D.Ir. Herry Darwanto SE.,M.Soc.Sci,M.Phil., Ketua Koalisi Anti Utang Dani Setiawan, Akademisi Universitas Sebelas Maret Bhimo Rizky Samudro, S.E.,M.Si,Ph.D, dan Akademisi Universitas Brawijaya Malang Prof. Ahmad Erani Yustika, M.Sc, Ph.D yang berhalangan hadir

Seminar ini juga turut mengundang beberapa universitas negeri di Indonesia. Fadli Septianto selaku ketua panitia berharap, dengan diadakannya seminar ini generasi muda dapat lebih memahami ekonomi politik  dan mengaspirasi mahasiswa dalam memecahkan masalah ekonomi di negara ini.

Acara yang diadakan setiap tahun ini juga memperlombakan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) untuk seluruh universitas yang ada di Indonesia. Lomba ini dimenangkan oleh Univesitas Mulawarman yang berhasil meraih Juara I, sedangkan Juara II dan III diraih oleh Universitas Muhammadiya Yogjakarta dan Universitas Brawijaya Malang.(Thea dan Elok)