lpmkentingan.com—Sebagai salah satu bentuk peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada tanggal 16 Oktober, Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian (HIMAGHITA) FP UNS mengadakan Aksi Selebrasi Hari Pangan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Minggu (18/10). Aksi yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB tersebut merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Himaghita’s Festival (HIMFEST) 2015.

Bekerja sama dengan BEM FP UNS acara ini diramaikan oleh para peserta yang terdiri dari mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) UNS, DEMA FP UNS, dan BEM FKIP UNS.  Selebrasi dimulai dengan aksi long march dari ILI Optical sampai di depan SMP Bintang Laut Surakarta. Kemudian beberapa orang berpakaian biru muda mulai melakukan teatrikal tentang gagasan food reSEAlution. Dalam teatrikal ini, digambarkan keadaan masyarakat sekarang yang hanya mengonsumsi pangan darat. Padahal lahan pangan darat perlahan-lahan mulai dialihfungsikan menjadi tempat tinggal dan tempat berbelanja. Kondisi tersebut turut berperan dalam penurunan produktivitas pangan.

“Sebenarnya potensi laut bisa digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan pangan di Indonesia. Hasil laut itu bukan ikan saja, tetapi ada rumput laut, cumi-cumi, udang, dan potensi lainnya yang belum tereksplorasi,”ungkap ketua bidang aksi pangan, Ryka Sagita mengomentari keadaan lahan pangan dewasa ini.

Selanjutnya, aksi pangan juga diharapkan mampu mengedukasi masyarakat untuk mendukung program pemerintah Gemar Ikan yang diluncurkan pada tanggal 4 April 2014 lalu. Dalam kegiatan yang berlangsung di sela-sela Car Free Day (CFD) ini, perwakilan DEMA FP UNS pun memberikan orasinya, “Indonesia memiliki potensi sumber daya laut yang luar biasa. Kami disini merupakan bentuk nyata dari kepedulian kami akan sumber daya laut Indonesia.” (Afifah)