Surakarta, Jumat (14/11) – Teater Surakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta menyelenggarakan event teater tahunan, yaitu Festival Teater Jawa. Sebanyak 8 SMA dan SMK se-Jawa Tengah menjadi peserta dalam festival ini.

Rangkaian acara berlangsung dari tanggal 14 s.d. 16 November 2014. Tahun ini merupakan tahun ke-4 diadakannya festival teater jawa. Mengambil tempat di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah acara ini banyak mengundang antusiasme masyarakat kota Surakata terutama kalangan remaja.

“Antusiasme penonton tahun ini sangat meningkat dibanding tahun sebelumnya,” ungkap ketua panitia Festival Teater Jawa, Sinta Nurjana Harsono. Dia juga mengungkapkan bahwa antusiasme peserta melonjak, bahkan beberapa pendaftar terpaksa ditolak karena kuota peserta sudah penuh.

Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo. Beliau hadir sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Surakarta dalam meningkatkan penggunaan bahasa jawa di kalangan remaja. Lewat acara ini diharapkan penggunaan bahasa jawa tidak hanya digunakan dalam hal-hal tertentu, namun juga digunakan dalam segala aspek kehidupan.

Hari pertama dari rangkaian festival ini diisi dengan pementasan tiga kelompok teater. Teater tersebut, yaitu Teater Biroe dari SMA St. Yosef Surakarta, Teater Nglilir SMAN 1 Karanganyar, dan Teater 9 SMKN 9 Surakarta. Kemudian hari kedua dan ketiga akan dilanjutkan dengan pementasan lima kelompok teater dan satu kelompok eksebisi. (Riezdiani & Yuanita)