Salah satu adegan dari pertunjukkan Teater Prada.

Salah satu adegan dari pertunjukkan Teater Prada.

Surakarta, Minggu (16/11) – puncak acara Festival Teater Jawa telah diselenggarakan. Acara ini sukses menarik perhatian masyarakat Surakarta. Dibanding hari sebelumnya, penonton pada hari ketiga lebih memadati area pertunjukkan. Banyaknya penonton yang datang membuat mereka harus menunggu dan mengantri,  tak sedikit yang harus berdiri karena tidak mendapat tempat duduk.

Penampilan pada hari ketiga ini diisi oleh tiga kelompok teater, yaitu Teater Prada dari SMA Batik 1 Surakarta, Teater Sukma dari SMKN 2 Semarang dan Sanggar Matahari. Teater Prada mengusung judul Langit Katulistiwa, Teater Suka mengusung judul Pasar Kobar, dan Sanggar Matahari mengusung judul Dolanan.

Pertunjukkan yang disuguhkan sukses menghibur dan mengundang gelak tawa dari para penonton. “Seru banget, penjiwaannya dapet banget” ujar Berlin, siswi SMAN 6 Surakarta. Hal tersebut diungkapkannya setelah melihat pementasan dari Teater Prada.

Remaja yang telah datang dalam acara ini mengungkapkan bahwa lebih menarik pertunjukkan teater yang menggunakkan bahasa jawa. Menurut Berlin, teater yang menggunakkan bahasa jawa lebih mencerminkan kebudayaan dari kota Surakarta sendiri.

Pemerintah Kota Surakarta dan Teater Surakarta berharap festival ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih dalam mengenai bahasa jawa. Selain itu, festival ini juga diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kalangan remaja dalam menggunakkan bahasa jawa. (Riezdiani & Yuanita)