Surakarta, (10/11) – Expo PING 2014 merupakan salah satu rangkaian acara dari PINGFest 2014 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (HIMASTER) FMIPA UNS. Arti umum dari Expo PING 2014 itu sendiri condong kepada mengekspos komunitas-komunitas IT di Solo Raya. Acara tersebut diselenggarakan di depan Gedung UPT Puskom (Pusat Komputer) Universitas Sebelas Maret selama 3 hari, hari Senin hingga Rabu, tepatnya tanggal 10 November hingga 12 November 2014.

“Mutiara itu tidak pernah ditemukan di laut yang dangkal, tetapi ditemukan di lautan yang dalam, seperti komunitas-komunitas IT di Solo.” Itulah yang disampaikan oleh Hamzah, Ketua Seksi Acara Expo PING 2014 dalam menggambarkan acara expo yang diampu tersebut.

Expo PING 2014 ini tak lepas dari keterfokusan pada komunitas-komunitas yang ada di Solo. Pihak FMIPA berusaha untuk mengenalkan berbagai komunitas tersebut kepada mahasiswa dan mahasiswi UNS, agar mereka lebih mengenal seluk-beluk komunitas tersebut. Selain itu, Expo PING juga menarik perhatian siswa-siswi SMA yang juga kebetulan sedang mengikuti berbagai rangkaian lomba dalam PINGFest 2014.

Beberapa komunitas IT yang terkumpul, antara lain, UNS Over Clocking yang bergerak di bidang hardware, Tumblr Community di bidang blocking, Vocaloid di bidang IT entertainment, dan Teras Solo yang merupakan UKMK di bidang media, serta masih banyak lagi komunitas yang lain. Juga, terdapat PT khusus persembahan dari FMIPA, yaitu PT Kita dari Bandung yang merupakan software house dan kebetulan mengadakan acara di jurusan Teknik Informatika di pekan ini, sekaligus mempromosikan PT tersebut di Expo PING Fest 2014.

Expo PING 2014 juga menyediakan stand makanan, stand minuman, dan bazar kuliner yang melibatkan beberapa usaha kecil menengah di sekitar area UNS, seperti Big Burger, Pasco, Sosis Bakar, dan masih banyak lagi.

“Kebetulan emang tiap tahun itu PING bulannya November, tapi tinggal yang menentukan minggunya. Dan dulu waktu rapat itu kan pas waktu minggu kedua, makanya kita mulai kemarin tanggal 8. Dan untuk persiapan dari konsep itu, kita udah mulai publikasi dan jalan consepting acara lebih matang sekitar dua bulan. Kita mulai menghubungi komunitasnya, stand-stand makanan, dan sejenisnya,” ujar Hamzah.

Susunan acara Expo PING 2014 meliputi 3 presentasi komunitas IT di Solo, dan diselingi dengan berbagai hiburan, serta pembagian doorprize di hari Senin (10/11). Di hari Selasa (11/11), acara tersebut satu hari penuh diisi untuk expo makanan dan minuman, serta lomba akustik pada siang sampai sore hari, juga presentasi komunitas di Solo. Sedangkan untuk hari Rabu (12/11), tidak jauh berbeda dengan isi acara di hari Senin. (Citra Anastasia)