Saluransebelas – Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) adakan Open House untuk pertama kalinya, kegiatan Open House FKIP ini berlangsung selama lima hari  yang digelar di Student Center UNS. Open House ini diadakan dalam rangkaian menyambut dies natalis UNS yang ke-43.

 

Talkshow Dosen dengan tema “Refleksi Fakultas Menuju UNS World Class University (WCU)” menjadi acara pembuka Open House FKIP UNS. Ketua panitia Open House FKIP UNS, Eka Ahmad Renaldi menyampaikan bahwa pemilihan tema World Class University merupakan langkah awal persiapan FKIP menuju UNS bertaraf internasional.

 

Talkshow yang diadakan Jum’at, 8 Maret 2019 di Student Center ini mendatangkan empat pembicara yang dianggap mumpuni dengan tema yang diambil. “Pembicara yang kami undang atas rekomendasi koordinator Fakultas beserta jajaranya” jelas Eka Ahmad Renaldhi selaku ketua panitia Open House FKIP.

 

“Perihal internasionalisasi FKIP targetnya bukan hanya mahasiswa, dosen, juga sarana-prasarana. Namun FKIP juga ikut menginternasionalisasikan para stafnya.” Jelas Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd selaku Dekan FKIP pada pemaparan materi mengenai internasionalisasi FKIP.

 

Kemudian dilanjutkan oleh  Dr. M. Abdul Fattah Santosa, M. Ag dan dilanjutkan Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd beliau menyampaikan “Memiliki mahasiswa yang berbakat dan bertalenta dapat membantu perguruan tinggi dalam menggapai WCU”. Penyampaian internasionalisasi FKIP ditutup oleh Murni Ramli, S.P., M.Si.

 

Rangkaian kegiatan Open House FKIP akan berlangsung hingga Kamis, 14 Maret 2019 dengan tempat yang sama yaitu di Student Center. Pentas seni mahasiswa merupakan acara kedua Open House FKIP setelah Talkshow Dosen. Pentas seni ini merupakan ajang pementasan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) FKIP. Tak hanya perwakilan UKM, pentas ini juga dibuka untuk mahasiswa umum tetapi masih dari FKIP.

 

Acara pada Minggu, 10 Maret 2019 Open House FKIP mengadakan Talk Show Mahasiswa dengan tema yang masih sama dengan Talkshow Dosen. Dan pada hari Senin, 11 Maret 2019 Open House FKIP mengadakan konsultasi ahli dan fashion show mini.

 

Open House FKIP ditutup dengan acara sosialisasi perguruan tinggi dan dilanjutkan dengan pagelaran wayang pada 14 Maret 2019. Sosialisasi perguruan tinggi FKIP mengundang 50 sekolah menengah atas (SMA) sederajat dengan masing-masing sekolah kurang lebih lima anak.

 

Sedangkan pagelaran wayang Open House FKIP merupakan pagelaran wayang yang tidak seperti pada umumnya,  yaitu pagelaran wayang yang lebih edukatif. “Pagelaran wayang yang kami adakan nanti tidak semuanya berbahasa Jawa, namun juga bahasa Inggris, ataupun bahasa Indonesia” Jelas Eka. Ia menambahkan bahwa cerita yang akan dibawakan dalam pagelaran wayang ini lebih kepada bagaimana sosok guru di era saat ini.[]

 

Reporter: Umi Wakhidah dan Septian Hariyanto