Artis: BTS

Album: Love Yourself: Her

Rilis: 2017

Produser: Rap Monster, Slow Rabbit, Suga, J-Hope

 

 

 

 

Gyeolguk singiruneun japhigo hyeonsiri dwaego

(Akhirnya aku menyentuh fatamorgana dan menjadi kenyataan)

Duryeopdeon samageun uriui pittamnunmeullo jeo badagadwaesseo

(Gurun yang aku takutkan menjadi lautan oleh darah, keringat dan air mata kita)

 

Panggung itu begitu megah, tujuh lelaki muda penuh gairah dan mimpi, bersetelan hitam – terlihat tampan dengan sentuhan barang-barang bermerek di setiap inci tubuhnya – berjalan dengan percaya diri di sebuah lorong gelap yang di penuhi ribuan orang yang meneriakkan nama mereka, “Kim Namjoon, Kim Seokjin, Min Yoongi, Jung Hoseok, Pak Jimin, Kim Taehyung, Jeon Jungkook, BTS.” Mereka naik ke atas panggung, memandang semua orang seperti gerakan samar-samar yang jauh, dengan mata yang sedikit lembab menerima seonggok piala yang berkilau, lalu sang leader, meraih mikrofon dan membalas teriakan di luar sana, “ARMY …”

 

Mereka menyebutnya “Hidden Track”, lagu tersembunyi yang hanya ada di album fisik, tidak banyak yang tahu pada awalnya, tetapi para penggemar pasti tidak akan melewatkannya. BTS mengeluarkan album mini yang kelima pada tanggal 18 September 2017 di bawah label Big Hit Entertainment. Album ini, yang berjudul Love Yourself: Her, dirilis dalam empat versi dengan konsep foto yang berbeda dan berisi sembilan lagu dengan DNA sebagai lagu utamanya. Selain itu, ada dua lagu tersembunyi yaitu, Sea dan Skit: Hesitation and Fear.

 

BTS membuka lembaran baru dengan serial album Love Yourself setelah sukses di album sebelumnya, Wings (2016), yang menjadi batu loncatan besar mereka di kancah Internasional. Serial album kali ini mengangkat konsep fitur momen pasca-putus dari membuang ego palsu dan menghadapi diri sejati. Video musik yang disuguhkan membebaskan penggemarnya berimajinasi untuk menebak alur cerita yang saling berhubungan di setiap albumnya sehingga banyak beredar teori-teori subjektif dari para penggemar. Konsep yang matang adalah salah satu alasan banyak orang menyukai mereka, tentu saja, selain penampilan energik dan suara emas mereka di atas panggung – menyanyi dan menari seperti tidak ada hari esok. Hingga saat ini mereka telah mengeluarkan serial Love Yourself: Her (2017), Love Yourself: Tear (2018), dan Love Yourself: Answer (2018).

 

Terlepas dari konsep album Love Yourself sendiri, Hidden Track, khususnya lagu Sea, sepenuhnya adalah curhatan intens mereka dengan para penggemar yang telah mendukung mereka dari awal. RM, leader BTS sekaligus penulis lagu ini sebenarnya telah membuatnya dari tahun 2016 yang rencananya akan dimasukkan ke mixtape-nya, namun produser mereka, Pdogg, menolak karena menurutnya lagu itu terlalu lembek.

 

Naegadaaneun geosi jinjeong badainga

(Apakah ini semua memang lautan)

Animyeon pureun samaginga

(Ataukah gurun berwarna biru?)

 

Lima belas detik pertama terdengar gemerisik air pantai – sebagai penguatan lirik yang disampaikan, kemudian alunan piano yang sendu terus berulang sampai lagu berakhir. Pada menit pertama, RM memulai rap-nya dengan lembut, tetapi penuh penekanan. Sedangkan bagian reff-nya cukup sederhana dengan lirik yang diulang-ulang. Seperti sebagian besar lagu BTS, hidden track ini bergenre hip-hop dan rap. BTS sendiri terdiri dari tiga rapper (RM, Suga, J-Hope) dan empat vokalis (Jungkok, Jimin, V, Jin). Perpaduan sempurna untuk sebuah grup vokal dengan rap yang cukup dominan.

 

Gurun – laut, keputusasaan – harapan, perjuangan – kesuksesan, begitulah iramanya. Gurun adalah analogi dari masa lalu mereka, tempat mereka mencari dan bertahan, haus akan lautan yang penuh dengan air kehidupan. Lautan, masa keemasan yang tak lagi menjadi fatamorgana, telah menjadi kenyataan, tempat mereka berada sekarang. Ada sepercik ketakutan bahwa lautan itu palsu. Namun, mereka tahu bahwa pada awalnya, lautan juga sebuah gurun, sebuah kesuksesan tidak akan datang tanpa perjuangan di dalamnya.

 

Badainjul aradeon yeogineun doeryeo samagieogo

(Kupikir ini lautan tetapi ternyata gurun)

Byeolge eopneun jungsoaidori dubeonjjae ireumieosseo

(Label kecil yang tak ada istimewanya adalah nama keduaku)

Bangsonge jjalligineunmwo bujigisu

(Entah berapa kali mereka mengubah siaran kita)

Nuguui ttaemppangi uriui kkum

(Dan di isi oleh yang lain, impian kita)

 

Lagu ini menyentuh titik sensitif di balik kesuksesan sebuah grup vokal pria terkenal dari Korea Selatan melalui lirik yang dalam dan emosional. Lahir dari sebuah agensi kecil di tengah persaingan ketat permusikan Korea Selatan yang sedang memuncak akan persis seperti yang semua orang bayangkan. Musik mereka seperti sebuah karya sastra yang indah, dibangun dari lirik-lirik perjalanan mereka merangkak naik menuju kesuksesan, cinta, persahabatan, ambisi, gairah akan musik yang tak terbatas, dan sedikit aroma dari keringat yang mereka keluarkan.

 

“Saya pikir mereka tersembunyi karena anda harus menjadi penggemar nyata BTS untuk memahaminya. Jika tidak, anda tidak akan paham. Kalau tidak, anda akan mengatakan, “Mengapa mereka merasa sangat bingung tentang hal-hal ini? Mereka baik?!? Mereka nomor satu di semua tempat, mereka memiliki begitu banyak hal, mengapa mereka khawatir?” Orang-orang selalu membicarakan hal itu. Tetetapi jika Anda benar-benar penggemar BTS dan anda membeli album dan anda mendengarkan lagu yang tersembunyi – jika anda seorang Army dan menghabiskan waktu bersama kami dari 2013, 2014 – mereka bisa mengerti. Ini seperti lebih istimewa, lebih dekat, ke hati kita yang sebenarnya,” jelas RM tentang hidden track ini saat diwawancarai Billboard.[]

 

 

 

 

Hesty Safitry

Penulis

Mahasiswa Teknik Kimia UNS angkatan 2018. Surel: [email protected]