lpmkentingan.com—Senja di ufuk barat sedang lanun. Atrium Solo Paragon (15/3) perlahan dirundung keriuhan. Orang-orang dari berbagai tingkatan usia tampak padat di sekeliling panggung Dance Cover Competition. Dance Cover Competition merupakan salah satu rangkaian acara menuju Solo International Performing Art (SIPA) 2015. Acara yang dimulai pukul 18.00 WIB itu adalah bentuk penyambutan terhadap acara inti SIPA pada 10-12 September mendatang. Lebih khusus, kompetisi dance a la korea ini dirancang sebagai penyemarak malam terakhir SIPA yang bertajuk “Korean Cultural Night”.

Hadir sebagai peserta ada lima belas grup dance yang berasal dari Solo dan sekitarnya. Di antaranya ada She Friend, She’s Star Sistar, Caramel, Action and Friend, FX, dan lain sebagainya. Di antara peserta yang tampil ada beberapa nama yang sudah begitu akrab di kalangan korean holic Solo, seperti She’s Star Sistar dan Action and Friend. Antara fans grup dance satu dengan lainnya berlomba-lomba menunjukkan keriuhannya. Tak dipungkiri, bagi penonton yang belum sampai kepada tahapan holic akan tercengang menghadapi kenyataan begitu histerisnya para korean holic ini.

“Aku sama kakak sengaja ke sini buat nonton ini. Daebak, luarbiasa,” ungkap Astrid Putri, pelajar kelas 6 Sekolah Dasar Bromantakan yang mengaku menyukai Super Junior sejak setahun silam.

Selain para peserta kompetisi dance, sebagai selingan tampil pula beberapa kelompok tari dari Semarak Candra Kirana (SCK). Dua di antaranya menarikan Tari Jaipong Bali dan Sosondera. Hal ini sekaligus sebagai bukti bahwa di tengah gempuran modernitas yang menggila, kesenian daerah tetap bisa hidup. Bahkan berpadu mesra dengan dance.

“Ya ini kan di Solo, jadi kami ingin turut berpartisipasi. Ini baru penampilan kami yang kedua di acara seperti ini,” ujar Adia, salah satu personil She’s Star Sistar saat ditemui seusai acara.

“Kendalanya apa ya, mungkin soal pemberitahuan yang mendadak. Tapi kemudian juga tidak jadi masalah gede. Secara keseluruhan okelah,” tambah Adia yang malam itu menjadi rebutan para penonton untuk mengabadikan gambar bersamanya.

Sekitar pukul 22.00 WIB para juri sudah mengantongi tiga nama pemenang yang langsung diumumkan seusai semua peserta tampil. Sebagai juara ketiga adalah Action and Friend. Kemudian Golden Chick dan She’s Star Sistar berturut-turut membawa kemenangan sebagai juara kedua dan pertama. Rencananya, ketiga pemenang Dance Cover Competition ini akan tampil di perhelatan SIPA pada 12 September mendatang di Benteng Vastenburg Solo.  (Ifa)