lpmkentingan.com – Memasuki hari terakhir, Solo International Performing Arts (SIPA) 2015 menghadirkan Korean Cultural Night.  Berbagai macam seni pertunjukkan asal negeri ginseng, Korea Selatan akan disuguhkan dalam kesempatan tersebut. Korean Cultural Night diselenggarakan atas ide Indonesia dan juga atas hubungan baik antara IMACO (International Mask Art and Culture Organization) dan AFTF (Andong Festival Tourism Foundation).

Sesuai dengan tema SIPA 2015 yang bertajuk “Live in the Contemporary World”, akan ada beberapa delegasi asal Korea Selatan yang akan menggebrak panggung SIPA 2015, diantaranya ICADC, KO-IN, EDx2, dan RION FIVE. Sehubungan dengan itu, Jumat (11/9) diselenggarakan konferensi pers di Hotel Aziza, yang menghadirkan penari dan musisi Tari Topeng Hahoe, Mr. Lim Hyung – kyoo, EDx2, dan kelompok boyband Rion Five.

Pengisi acara SIPA asal Korea Selatan ini menyuguhkan penampilan panggung yang akan mengingatkan penonton akan sebuah tarian kontemporer, hip hop, akrobatik, dan seni artistik lainnya. “Jadi di Korea Selatan tidak hanya K-pop maupun drama Koreanya saja yang dikenal, namun ada juga kesenian tradisional pada zaman dahulu. Ini akan menjadi kolaborasi Korea-Indonesia yang sangat luar biasa, yang merupakan warisan dari keduanya,” ungkap Mr. Lim.

Penampilan Spesial

Ada yang berbeda dari SIPA tahun ini, karena memboyong boyband asal Korea Selatan, Rion Five. Grup band yang beranggotakan Royun, Minjae, Taewoo, Jonghyun, Yuseong, dan Kangsan ini akan menyuguhkan musik strong performance yang energik. “Jenis musik ini termasuk mudah untuk mengajak penonton bergabung menikmati performance mereka,” tutur salah satu member.

Boyband yang baru pertama kali menyambangi Indonesia ini membocorkan bahwa mereka akan membawakan 4 lagu, diantaranya 2 lagu milik mereka sendiri, dan 2 lagu dari musisi Korea lain. “Ini kali pertama kami ke Indonesia, kami lebih terkenal di Jepang dan China”, ungkap boyband yang sudah mempunyai empat album dan tiga single ini.

Penampilan maksimal tentu akan diberikan oleh semua pengisi acara SIPA 2015. Tak terkecuali penari dan musisi Tari Topeng Hahoe. “Waktu untuk latihan di Indonesia sangat kurang karena baru datang, cari waktu dan tempat juga susah, tapi kami berusaha memberikan penampilan yang maksimal,” tutur Mr. Lim.

Demikian juga dengan Rion Five, persiapan yang sangat minim tidak membuat mereka pesimis akan penampilannya di SIPA besok malam. “Kita optimis walau persiapan sangat minim, karena sudah pernah tampil Jepang dan China, jadi kami menyiapkan performance yang sama seperti itu,” kata salah satu member Rion Five. (Arini)