Saluransebelas – VOCATION atau kependekan dari Vocational Competition merupakan ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh mahasiswa-mahasiswa semester 5, jurusan D3 Komunikasi Terapan minat Hubungan Masyarakat. Acara yang juga merupakan sebagai tugas akhir ini, diselenggarakan untuk yang pertama kalinya. Sebanyak 38 panitia dan selama kurang dari 3 bulan mereka telah menyiapkan acara ini.

Tepat pada hari Minggu (24/11), puncak VOCATION digelar. Dengan tajuk Awarding Day VOCATION: Speak up! Life up! acara ini bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNS. Kepala Prodi D3 Komunkasi Terapan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan jajaran FISIP, serta mahasiswa D3 Komunikasi Terapan Angkatan 2018 dan 2019 turut hadir memeriahkan acara puncak VOCATION ini. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia VOCATION Salsabila Ayu Ichiga, Kepala Prodi D3 Komunikasi Terapan Anshori serta Kristina sebagai wakil dari jajaran Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, masing-masing berurutan.

Kemudian riuh tawa pengunjung pecah saat memasuki acara selanjutnya yaitu saat penampilan bintang tamu, yang diisi oleh Bintang Emon yang merupakan pemenang dari suatu ajang pencarian bakat stand up comedy. Acara dilanjutkan dengan pembacaan para pemenang lomba dan diakhiri oleh penampilan grup musik Komunitas Musik dan Film (KMF) FISIP.

Acara ini memiliki 3 macam perlombaan yaitu lomba fotografi, video blog (vlog), dan poster. Masing-masing lomba memiliki sasarannya sendiri. Untuk mahasiswa, lomba yang dapat diikuti yaitu foto dan video blog (vlog). Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK/sederajat terdapat lomba fotografi dan poster. Meskipun VOCATION adalah event pertama, namun tidak bisa dikatakan jika kompetisi ini bersekala kecil. Semua lomba dalam VOCATION ini berskala nasional dan memiliki tema mengenai generasi milenial. Semua lomba tersebut dilakukan dalam bentuk daring atau online.

Pendaftaran dari setiap lomba VOCATION sendiri sudah dimulai sejak 7 Oktober – 17 November 2019, dan mengalami perpanjangan waktu hingga 20 November 2019. Perpanjangan waktu pendaftaran tersebut dikarenakan tingginya antusiasme peserta untuk ikut meramaikan kompetisi tersebut. Selanjutnya, pada 22 November 2019 mereka mengumumkan peserta yang berhasil lolos ke babak Grand Final dan turut mengundang mereka agar hadir dalam acara puncak Awarding Day VOCATION. Lebih dari 100 peserta yang mendaftar lomba-lomba dalam VOCATION, namun hanya 16 orang terpilih lah yang berhak mendapatkan award. Keenam belas orang ini terdiri dari 3 orang pemenang poster tingkat SMA dan sederajat, 4 orang pemenang video blog (vlog) tingkat Universitas, serta 9 orang pemenang lomba fotografi tingkat SMA/sederajat dan Universitas. Para peserta yang berhasil menjuarai ini merupakan peserta yang lolos seleksi dan penilaian dari para dewan juri yang berasal dari kalangan dosen serta mahasiswa seni.

Ketua panitia VOCATION 2019, Salsabila Ayu Ichiga saat ditemui mengungkapkan tidak sedikit hal-hal yang menjadi kendala saat mereka menyiapkan acara ini.

“Kendalanya ya mungkin kaget, karena sebelumnya belum ada, sehingga persiapanya kurang dan mepet,” ujar Salsabila Ayu Ichiga.

Kemudian, Salsabila juga menambahkan terkait dengan harapannya untuk event VOCATION kedepannya bisa menjadi event tahunan prodi.

“Jadi kami berharap agar event ini bisa menjadi patokan event-event VOCATION ke depannya, sekaligus bisa menjadi wadah untuk menampung kreatifitas anak bangsa dan untuk keberlanjutan dari acara ini bias menjadi acara tahunan prodi,” imbuhnya.

Sementara itu, pemenang lomba video blog (vlog) tingkat Universitas adalah M. Ali Mansyur yang merupakan mahasiswa Universitas Kanjuruan Malang, mengatakan jika ia tidak menyangka dapat menjadi juara 1 dalam kompetisi kali ini. Ia juga mengungkapkan bagaimana akhirnya ia bisa mengikuti lomba ini.

“Jadi, saya tuh pertama memang passion dalam membuat video. Kebetulan saat itu saya sedang mencari tagar #VideoCompetition. Dan sepertinya event ini seru. Apalagi temanya menarik juga yaitu mengenai gaya hidup milenial. Dari situ kenapa saya bisa daftar lomba ini dan alhamdulillah bisa dapat juara 1,” pungkas Ali []

Reporter: Kartika Sofiyanti dan Marsono Rafid Daffa A.