Saluransebelas — UKM Seni Religi yang bekerjasama dengan Mahasiswa Ahli Ath-Thariqah Al-Mu’ tabarah An-Nahdliyyah (MATAN) Surakarta menggelar acara bedah buku berjudul Nalar Inshofi karya Kyai Abdullah Saad di Nurul Huda Islamic Center (NHIC), UNS pada Jumat (29/3) siang.

 

Acara tersebut diselenggarakan bukan hanya sekadar bedah buku semata namun juga sebagai pengenalan ilmu tasawuf kepada mahasiswa UNS. “Kami ingin mengenalkan tasawuf kedapa mahasiswa salah satunya dengan cara bedah buku karya Kyai Abdullah Saad ini”, jelas Zulfikar Murad, ketua panitia.

 

Acara tersebut dihadiri oleh penulis dan dihadiri sekitar 50 peserta. Mereka mengharapkan acara seperti ini untuk lebih sering diadakan. Salah satunya seperti yang disampaikan oleh Alfan (19), salah seorang peserta dalam acara tersebut, ia berharap supaya acara semacam itu lebih banyak lagi diselenggarakan di UNS sebagai bentuk wadah alternatif yang tidak hanya mengkaji fiqih dan akidah semata.

 

“Semoga acara semacam ini lebih banyak lagi diadakan di lingkungan UNS karena menjadi majlis alternatif yang tidak hanya mengkaji tentang fiqih dan akidah melulu”, terang Alfan.

 

Untuk pembuatan buku Nalar Inshofi sendiri, Kyai Abdullah Saad tidak berorientasi pada laku atau tidaknya buku tersebut. Namun ia hanya sekadar ingin membahagiakan guru-gurunya dengan menulis cerita mengenai apa yang pernah disampaikan oleh guru-gurunya ke dalam karya miliknya. Sedangkan untuk keuntungan penjualan dari buku itu sendiri dikembalikan kepada panitia agar digunakan untuk kepentingan kepanitiaan dan organisasi.

 

“Saya di sini hanya ingin menyampaikan apa yang dulunya di sampaikan oleh guru-guru kami kepada kami, dan seluruh keuntungan dalam penjualan buku Nalar Inshofi kami kembalikan kepada panitia, tidak usah dikembalikan kepada kami”, ujar Kyai Abdullah Saad.

 

Acara bedah buku Nalar Inshofi ditutup dengan penampilan hadroh dari UKM Seni Religi sebagai pengantar para peserta keluar dari ruangan.[]

 

Reporter: Septian Hariyanto