Saluransebelas – Rabu, 06 Maret 2019, ARTEFAC UNS mengadakan konferensi pers di Gedung IV Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UNS. Art and Sport Appreciation by Economic and Business Faculty of UNS (ARTEFAC UNS) merupakan salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan dies natalis UNS ke-43. Acara ini diselenggarakan untuk mewadahi mahasiswa FEB dalam sebuah mahakarya bersama antar angkatan dan jurusan serta memperkenalkan UNS lebih luas ke masyarakat.

 

The Leisure of ARTEFAC UNS: Sweet Escape in Summer” adalah tema ARTEFAC UNS yang ke-6 ini. Tema yang diusung menceritakan pelarian yang indah dan manis di musim panas. Hal tersebut mewakili ARTEFAC UNS sebagai ajang untuk berkompetisi dengan semangat dan ceria antar peserta perlombaan. Menurut Dwiyan Nur Fauzy, selaku CEO ARTEFAC UNS, dengan adanya konsep tersebut, perlombaan akan tetap berjalan serius, tetapi dengan pembawaan yang santai.

 

“Untuk penerapan tema sendiri, dari mulai pra-acara, kami akan menerapkan konsep “Summer” di setiap publikasi yang kami keluarkan. Lalu pada acara, konsep akan terlihat pada desain interior di setiap venue, baik dekorasi maupun properti. Kami juga akan meng-aplikasikan tema tersebut pada semua cabang perlombaan, mungkin terlihat pada MC, moderator, bahkan juga dalam pelaksanaan kompetisi, tetap serius namun dengan pembawaan yang santai,” jelasnya kemudian.

 

Rangkaian kompetisi Artefac UNS akan dimulai pada 9-22 Maret 2019 dan ditutup dengan Closing Ceremony pada 23 Maret 2019. Kebaruan Artefac tahun ini terlihat dari diadakannya Opening Ceremony pada tanggal 10 Maret 2019 di Balai Kota Surakarta, yang akan dihadiri langsung oleh walikota Solo, Hadi Rudyatmo, dan juga kompetisi tari tradisional yang dilaksanakan 16 Maret 2019 di Hartono Mall Solo.

 

Di bidang olahraga sendiri terdapat Kompetisi Basket untuk Fakultas Ekonomi se-Indonesia dan SMA Sederajat se-Solo Raya yang akan dilaksanakan 9-17 Maret 2019 di GOR UNS, kompetisi futsal untuk Fakultas Ekonomi se-Indonesia dan SMA Sederajat se-Solo Raya pada 17-22 Maret 2019 di Sritex Arena, serta kompetisi K-POP Dance Cover untuk umum se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019 di Hartono Mall.

 

Sementara itu di bidang seni, terdiri dari kompetisi tari untuk umum se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada 16 Maret 2019 di Hartono Mall Solo, kompetisi monolog untuk mahasiswa dan pelajar SMA se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada 18-21 Maret 2019 di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah, dan kompetisi band untuk umum se-Indonesia yang akan dilaksanakan pada 22 Maret 2019 di The Park Mall Solo Baru. Seluruh rangkaian kompetisi dikenakan biaya pendaftaran dan total hadiah mencapai lebih dari Rp 50.000.000,-.

 

Tahun ini, ARTEFAC UNS 2019 juga akan ditutup dengan konser musik yang akan dimeriahkan beberapa penyanyi tingkat nasional seperti Tulus, Hivi, dan Reality Club dan pemenang dari kompetisi Band  juga akan turut andil. Penutupan ini sendiri akan diadakan pada 23 Maret 2019 bertempat di Yonif 413 Bremoro, Palur.

 

Sebagai pungkasan, Dwiyan Nur Fauzi menyatakan jika tujuan diadakannya event ini adalah untuk memberikan apresiasi di bidang seni dan olahraga serta untuk memperkenalkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS di kancah nasional, meskipun bidang yang mereka lombakan tidak linier dengan basic mereka yang merupakan mahasiswa Ekonomi. “Karena perlombaan yang basicnya ekonomi sudah diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di FEB UNS” Ungkapnya.[]

 

Reporter: Hesty Safitri, Kartika Sofiyanti