Pengunjung sedang menikmati karya seni lukisan yang di tampilkan di perfoming art di Art Edu Care #5 (Foto diambil oleh: Hamdan N.)

Pengunjung sedang menikmati karya seni lukisan yang di tampilkan di perfoming art di Art Edu Care #5 (Foto diambil oleh: Hamdan N.)

Surakarta (19/3), Dalam rangka Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) ke-38, berbagai acara diselenggarakan oleh setiap elemen warga masyarakat UNS. Seperti halnya yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan Pendidikan Seni Rupa, yang menggelar kegiatan tahunan dalam peringatan Dies Natalis UNS dengan pagelaran seni dengan nama Art Edu Care. Pada tahun ini kegiatan Art Edu Care sudah ke-5 kalinya diadakan, seiring dengan 38th UNS pada tahun ini Art Edu Care #5 mengangkat tema Art Edu Care #5: Local Movement.

Art Edu Care #5 digelar mulai tanggal 15 s.d. 20 Maret yang bertempat di Taman Budaya Jawa Tengah. Serangkaian acara digelar dalam Art Edu Care #5 tahun ini mulai dari Seminar, pameran, performing Art Edu Care yang menampilkan seni musik berupa pagelaran band yang mengikut sertakan delegasi dari mahasiswa Pendidikan Seni Rupa se-Indonesia, hingga kegiatan langsung ke masyarakat dengan Bedah Kampung Tegalrejo. Art Edu Care #5 menurut panitia lebih menampilkan kebudayaan lokal yang mempunyai keluhuran dan akar dalam pengembangan seni rupa.

Salah satu kegiatan wajib yang diselenggarakan pada perhelatan Art Edu Care adalah pameran seni rupa. Pada kesempatan tahun ini, pameran Art Edu Care menampilkan berbagai jenis hasil karya seni berupa lukisan hingga rancangan busana unik. Pameran pada tahun ini melibatkan peserta dari delapan Perguruan Tinggi Nasional dan dua Perguruan Tinggi Malaysia. “Adanya kerjasama dengan Perguruan Tinggi Malaysia, diharapkan bisa saling tukar budaya dalam pengembangan seni rupa yang berakar pada budaya lokal masing-masing negara” tegas salah satu panitia Art Edu Care #5.

Murniansih, salah satu pengunjung pameran Art Edu Care #5 merasa cukup tertarik dengan pameran yang diselenggarakan malam itu. Mahasiswi FKIP Ekonomi UNS ini juga memberikan harapan pada acara pameran Art Edu Care. “Pameran dari hasil yang ditampilkan cukup bagus. Lebih baik lagi apabila ada panitia yang mampu memberi penjelasan pada hasil karya yang ditampilkan. Publikasi lebih biar tambah ramai” tutur pengunjung yang baru pertama kali menghadiri pameran Art Edu Care. (Aldi-Hamdan)