lpmkentingan.com-Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknik yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) Ajusta Brata tampak melakukan aksi di area Car Free Day (CFD), Minggu (31/01) pagi. Aksi damai turun ke jalan ini dilakukan untuk memperingati Hari Primata Indonesia setiap tanggal 30 Januari. Mengusung tema “Stop Perburuan Primata”, aksi yang dilakukan untuk menghentikan perburuan primata ini juga menggandeng Protection of Forest & Fauna (ProFauna) Solo. ProFauna merupakan organisasi perlindungan hutan dan satwa liar yang tersebar di beberapa kota.

Acara puncak dilakukan di CFD Solo oleh PMPA Ajusta Brata dengan beberapa kegiatan, seperti aksi teatrikal, kegiatan mewarnai yang diikuti oleh anak–anak, pembagian stiker serta keliling area CFD untuk menyampaikan himbauan berhenti melakukan perburuan primata berganti dengan kegiatan menyayangi hewan. Muninggar Agung Tri Atmaja selaku ketua Ajusta Brata mengatakan bahwa aksi ini dilakukan selain untuk memperingati hari primata juga bertujuan untuk membagikan informasi kepada orang lain. “Peringatan seperti ini sebenarnya tidak termasuk program kerja tapi ini sebagai nurani kami, kami merasa nurani kami disini. Kalo kita memperingati hari ini berarti kan kita sharing kepada orang lain,”jelas Muninggar.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota ProFauna, Nanang Wahyudianto. Nanang mengungkapkan bahwa akhir–akhir ini banyak sekali di media sosial seringkali orang–orang melakukan perburuan kemudian memposting hasil buruan tersebut. “Komunitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak disini mempunyai tim advokasi yang bertugas menyelidiki dan melaporkan, jadi peran serta masyarakat bila ada hewan dilindungi yang diburu bisa dilaporkan ke tim advokasi,”terang Nanang. (Syaumi)