lpmkentingan.com-Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Ravik Karsidi secara resmi melantik 5.142 mahasiswa baru pada Kamis (20/08) pagi di halaman gedung pusat dr. Prakoso. Para mahasiswa Strata-1 (S-1) tersebut berasal dari sepuluh fakultas yang disaring melalui tiga jenis seleksi yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Dari 185.633 peserta seleksi yang mendaftar, hanya 5.142 yang diterima. Dengan kata lain, kekekatan persaingan tahun ini sebesar 1:30. Dari keseluruhan mahasiswa baru, 1.275 mahasiswa berhak atas beasiswa Bidikmisi dari pemerintah. Selain itu, 4 mahasiswa asing dari tiga negara – Malaysia, Thailand, dan Timor Leste – turut terdaftar sebagai mahasiswa angkatan 2015.

“Andalah pemenangnya untuk bisa masuk ke Universitas Sebelas Maret,” kata Ravik dalam sambutannya.

Tingkat persaingan yang ketat membuat satu orang harus menyisihkan 29 orang lainnya. Selain itu, Ravik juga memberikan empat bekal bagi mahasiswa baru.

“Saya punya sangu untuk kalian. Yakni empat pilar yang berasal dari orang-orang yang telah sukses,” ujar Ravik menambahkan.

Empat pilar yang dimaksud yakni sikap terbuka, mau berbagi, membangun kelompok, dan bekerja secara global. Selain pengukuhan secara simbolis, upacara pelantikan juga dimeriahkan oleh aksi koreografi serta penampilan Resimen Mahasiswa (Menwa), Marching Band Sebelas Maret, dan Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita. Selanjutnya, mahasiswa baru akan menjalani Orientasi Studi Mahasiswa Baru (Osmaru) yang dijadwalkan berakhir pada Sabtu (23/08) mendatang. (Satya)